Senin, 10 Februari 2014

Merida Sihir


The Connection antara Muppets dan Tiga Orang Bijak adalah sesuatu dari Mystery Meksiko , tapi mereka semua ada bersama-sama untuk merayakan pesta jalanan Januari Merida . The avenue berdaun antara Kabupaten Hyat dan Amerika Fiesta hotel telah ditutup untuk lalu lintas , dengan menjalankan terus menerus tabel putih berpakaian di sepanjang kedua sisi jalan dan terkait di kedua ujung . Roti sweetbread emas dihiasi dengan permen gelatin merah dan hijau diletakkan ujung ke ujung di lingkaran lain tak terputus di sekitar meja , naik dan turun dari lengkungan pintu masuk , dan detouring hanya sesekali loop putaran patung-patung es yang elegan yang menetes lembut di malam yang hangat udara . Pohon Natal kecil dari lampu-lampu penerangan dan memberikan string besar balon biru telah berulir melalui cabang overhead.

" Beli tiket , hanya sepuluh peso , Senor ! "

Aku mengenali wajah berseri-seri dari salah satu pelayan dari Hyat . Semua sisa dari mereka berada di belakang barikade putih dengan pendukung dari tiga lainnya hotel-hotel besar yang telah dikombinasikan untuk mensponsori hiburan malam .

" Apa yang harus saya lakukan dengan tiket ?"

" Kamu pertukaran itu untuk sepotong roti , dan secangkir minuman soda . " Dia mengangkat bahu filosofis , " Tapi itu semua untuk amal , Senor . Semua peso pergi ke tua dan orang miskin . "

Saya membeli tiket dan berbaur dengan orang banyak meremas sepanjang trotoar sempit . Ada bandstands di kedua sisi jalan , dan di kedua ujung , semua bersaing satu sama lain . The Muppets yang menari di salah satu dari mereka . The Three Wise Men lengkap dengan jubah Arab , jenggot putih panjang dan mahkota , berbaur dengan kerumunan . Hari ini Epiphany , Festival of the Three Wise Men , alasan Meksiko untuk memperpanjang perayaan Natal hingga Januari keenam .

Atmosfer adalah hidup dengan musik dan humor yang baik , wangi dengan aroma yang kaya roti segar , dan jagung bakar - tongkol , donat manis , dan tortilla dijual oleh vendor individual . Salah satu band dansa sistem alamat publik tidak bekerja , tapi tak ada yang peduli . Meksiko sangat toleran dan santai ketika mereka menikmati diri mereka sendiri . Ini adalah malam keluarga dan urutan malam itu untuk makan, minum , berjalan-jalan , berbicara dengan teman-teman lama dan membuat persahabatan baru . Sebagai tiket diserahkan garis roti pecah menjadi segmen menyusut cepat . Sudah waktunya partai , dan minuman soda mengalir seperti sampanye di pesta pernikahan .

Itu adalah pengenalan yang bagus untuk rasa Merida . Kota kolonial tua ini , ibu kota Negara Bagian Yucatan , Semenanjung hutan tertutup yang kait di antara Teluk Meksiko dan Laut Karibia , memiliki pesona yang cepat tumbuh pada Anda . Ini adalah kota yang teduh , dari kamar lantai kesepuluh di Kabupaten Hyat lebih dari setengah dari itu tersembunyi di bawah kanopi hijau berdebu pohon mengisi plaza dan melapisi jalan-jalan dan jalan .

Jantung Merida , karena dengan kota Meksiko lain atau kota , adalah Zocalo , alun-alun utama pusat, oasis subur air mancur dan taman-taman , bangku teduh dan kursi cinta yang terkenal S berbentuk , semua diapit oleh bangunan budaya yang paling mengesankan . Istana Pemerintah elegan dengan tiang-tiang dan menara jam , semua krim kuning melawan langit biru panas , berdiri di seberang Katedral abad kelima belas dengan menara lonceng batu padat . Di sisi selatan berdiri sama kuno Casa Montejo , dibangun sebagai rumah keluarga dari conquistador berkuasa yang mendirikan Merida , meskipun perlawanan sengit dari suku Maya asli Yucatan .

Seperti kebanyakan kota-kota Meksiko , Merida dibangun di situs , dan dengan batu dikanibal , kota Maya dan bangunan candi yang telah mendahuluinya .

Kebijakan Conquistador selalu untuk meruntuhkan dan membangun kembali , untuk menggantikan peradaban yang ada dan agama secepat mungkin dengan mereka sendiri .

Sekarang , sekitar empat setengah abad kemudian , Merida adalah santai - mondar-mandir , kota kolonial hampir sepenuhnya Spanyol . Gereja-gereja dan plaza duduk berdampingan , dan utara Zocalo , di mana angin laut pendinginan datang dari pantai hanya dua puluh mil jauhnya , adalah rumah-rumah mewah dan villa megah yang dibangun oleh pemilik perkebunan yang kaya dari abad kedelapan belas . Dinding melunak dan teras kebun deras diberkati dengan Tumbles megah dari bugenvil merah dan ungu , dan banyak dari bangunan dongeng gambar menara dan menara , dan melengkung , kelapa berbayang balkon .

The Paseo Montejo adalah boulevard lebar ditata dengan kemegahan Paris , dan di kedua sisi adalah beberapa contoh yang paling mencolok dari ini kemegahan arsitektur , termasuk istana megah putih , sekali gedung pemerintah mantan , bahwa sekarang adalah Museum Arkeologi dan Sejarah .

Merida adalah tempat yang menyenangkan untuk berjalan-jalan dan menjelajahi , dan juga mudah dijangkau dari sejumlah tempat-tempat lain yang menarik untuk dikunjungi. Tiga dari situs Maya yang paling megah di Yucatan semua hanya hari perjalanan dari Merida . Besar , luas , reruntuhan hutan - diapit dari Uxmal dan Chichen Itza , adalah dua besar , tapi jangan lewatkan Mayapan , sekarang dipulihkan tetapi ketika saya melihatnya masih menyenangkan wisata gratis . Ada maka program pembangunan jalan besar berlangsung , menciptakan mentah , garis miring merah besar melalui hutan hijau berdebu , dan semua untuk menyediakan akses cepat ke pelatih Mayapan , yang sekarang sedang dipromosikan sebagai Chichen Itza masa depan . Tapi untuk saat ini , hal itu mungkin untuk berjalan hampir sendirian di antara reruntuhan misterius , hanya dengan panggilan burung untuk perusahaan .

Hiburan lainnya adalah rawa-rawa bakau dan laguna dangkal coklat Celestune , tempat perlindungan kehidupan liar kaya pelikan , kuntul , dan flamingo . Setelah perjalanan perahu di sekitar muara Anda dapat mencoba spesialisasi lokal yang lezat mentega cakar kepiting di dekat restoran laut-depan .

Gua Loltun adalah gua-gua yang luas sekali digunakan oleh Maya untuk bersembunyi dari musuh-musuh mereka , baik suku yang bertikai lainnya , atau akhirnya orang-orang Spanyol menaklukkan semua . Di sini Anda dapat menonton menelan gua berputar di sekitar runtuh bukaan langit-langit ratusan meter di atas kepala Anda . Wisatawan lokal berhenti juga mencakup banyak haciendas lama , setelah hati perkebunan sisal besar , yang setelah emas dan perak memberikan banyak kekayaan Yucatan . Sekarang mereka adalah museum , atau hotel megah , tetapi sering dengan reruntuhan nostalgia dari pabrik-pabrik tua dan mesin masih sebagian diawetkan .

Puerto Progresso adalah yang terbaik dari resor pantai , bus dua puluh mil atau naik taksi dari Merida . Tidak sebagus pantai megah di boom tetapi murni resor wisata , di Cancun seratus mil ke selatan , tapi layak istirahat untuk berenang ketika tujuan utama Anda adalah untuk mencicipi kelezatan kolonial Merida dan iming-iming misterius Maya .

Pada akhir setiap hari selalu ada Zocalo , tempat untuk kembali lagi dan lagi , untuk berjalan-jalan , atau hanya untuk menonton malam kereta . Kuda dan naik kereta dapat disewa di sini , atau Anda dapat menyewa dan pedal becak Anda sendiri . Apakah sepatu Anda dibersihkan oleh salah satu dari banyak penyemir sepatu anak laki-laki , coba donat manis dari salah satu vendor gerobak , membeli rakasa Meksiko balon memanjang , atau mungkin tempat tidur gantung . Tempat tidur panas dan lengket dalam iklim ini . Tempat tidur gantung yang sejuk dan nyaman . Meksiko lebih memilih tempat tidur gantung , dan , saya dapat diandalkan diberitahu , Meksiko dapat melakukan segala sesuatu di tempat tidur gantung . Merida terkenal dengan tempat tidur gantung dan ada vendor tidur gantung di mana-mana .

Dapatkan ke Zocalo oleh 06:00 ( Kira-kira , karena waktu tidak terlalu tepat di sini ) , dan Anda dapat menonton ritual malam bendera nasional diturunkan dari tiang bendera tinggi di tengah alun-alun .

Seperti senja memperdalam dan lampu bersinar terang tinggi suara meriah dari drum dan terompet bentara munculnya tiga puluh band yang kuat dalam seragam biru tua dengan lencana jeruk dan jumbai . Mereka mengelilingi plaza dan kemudian berbaris menghadap bendera . Enam dari mereka merupakan penjaga kehormatan untuk berbaris sampai tiang bendera , sementara petugas mereka perlahan-lahan menurunkan merah, putih dan hijau bendera ke dalam pelukan hormat mereka. Bendera ritual dilipat , mengacungkan dan kemudian angsa - melangkah di sekitar alun-alun , lagi untuk gembar-gembor meriah dari sisa band , memberi hormat pada perhatian oleh petugas membuat kuartal kaki - stamping pintar ternyata mengikuti kemajuannya .

Saya diberitahu itu ritual dibangkitkan lagi pada 06:00 ( kurang-lebih) pada hari berikutnya . Ritual ini berlangsung setiap pagi dan sore di alun-alun pusat setiap kota dan kota di Meksiko .

Berlama-lama untuk sisa malam . Ini dingin setelah matahari terbenam tapi masih cukup hangat untuk Zocalo dan semua plaza lain untuk hidup dengan orang-orang . Selalu ada musik di suatu tempat . Jika tidak orkestra atau band Mariachi akan ada setidaknya pemain gitar kasual . Anda berada di budaya luar sini . Meksiko suka mencampur dan berbaur . Seperti itu malam pertama Epiphany selalu ada suasana tergesa-gesa humor yang baik . Ini adalah keajaiban dari Meksiko , keajaiban Merida .

Robert Leader telah menulis lebih dari 70 buku , termasuk thriller kejahatan , spionase dan novel petualangan tinggi , horor dan fantasi heroik .

PEDANG TUHAN , SWORD EMPIRE dan PEDANG DESTINY membentuk KELIMA PLANET trilogi set di tata surya bumi sebelum zaman es terakhir . Karya terakhir dipublikasikan Nya adalah PEMADAMAN 'S EDGE , serangkaian enam buku dirancang untuk menjadi novel utama Vietnam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar